Minggu, 06 November 2011

Pemanfaatan Internet Untuk Desa

Latar Belakang Permasalahan
Dengan diadakannya program internet masuk desa untuk desa desa yang tertinggal tentunya diberikan sangat perlu untuk diberikan penyuluhan juga. Sehingga Warga tidak akan mudah mendapatkan ilmu internet dan juga bisa menikmati jaringan internet dengan harga yang relatif murah dan terjangkau bagi kantong masyarakat desa.
Lingkup permasalahan
Masalah dan kendala Untuk permasalahan yang mendasar adalah walaupun internet bisa masuk desa, tidak banyak muda mudi yang bisa memanfaatkan internet layaknya orang kota. Itu disebabkan ketersediaan alat yang kurang, internet gratis bukan berarti netbook gratis. Masak mau ngeblog aja ke warnet sampai 10 km, belum warnetnya lemot dan mahal membuat putus asa sebelum bertanding (pengalaman pribadi).
1. Intinya untuk bisa memanfaatkan internet dan juga hosting atau yang lainya di butuhkan biaya dan biaya tersebut harus melewati proses merantau ke kota atau luar negeri.
2. Ilmu yang minim adalah masalah pokok dalam melakukan terobosan ini.
3. Mindset yang salah terhadap bisnis internet dan Minder terhadap kompetitor.
Solusi
Untuk mengatasi masalah yang no. 1 yaitu dengan memberikan subsidi komputer atau netbook supaya bisa digunakan untuk mencari informasi dan membuat informasi.
Kedua untuk mengatasi ilmu yang minim berikan pembelajaran tentang tata cara bisnis online seperti membuat toko online, internet marketing, membuat blog dan sebagainya yang sebenarnya sudah ada di internet, tetapi alangkah baiknya diberikan penyuluhan. Entah itu pebisnis internet yang sudah handal atau paling tidak mahasiswa IT yang sedang melakukan KKT di daerah.
Ketiga, berikan penyuluhan dan mindset mereka bahwa internet adalah sumber peluang dan juga sumber informasi, bukan penyerap uang tetapi pembuat uang dengan auto.
Rencana Implementasi & Teknologi Pendukung
Berikan subsidi netbook atau komputer per rumah seperti layaknya kompor gas kemarin.Walaupun sepertinya tidak mungkin bisa terealisasi atau paling tidak berikan 3-5 komputer di setiap kelurahan supaya muda-mudi tidak terlalu ketinggalan informasi.
Benefit
Seandainya itusemua bisa terealisasi, maka orang desa tidak lagi identik dengan yang namanya GAPTEK dan mendapatkan informasi serba cepat layaknya orang kota. Mereka juga bisa membangun bisnis mereka sendiri dengan bisnis internet.

0 komentar:

Posting Komentar